PENGARUH PROFESIONALITAS GURU DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.59613/ewg69a34Abstract
Permasalahan utama penelitian ini bahwa menurut teori profesionalitas guru dan manajemen kelas memberi pengaruh terhadap peningkatan mutu pembelajaran, namun fakta dilapangan (Madrasah Ibtidaiyah se-Rejang Lebong) memang kelihatannya profesionalitas guru dan manajemen kelas memberi pengaruh tetapi belum diketahui berapa besar pegaruh dari masing-masingnya terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalitas guru dan manajemen kelas terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Hipotesis penelitian yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang positif antara variabel profesionalitas guru terhadap peningkatan mutu pembelajaran (2) Terdapat pengaruh yang positif antara manajemen kelas terhadap peningkatan mutu pembelajaran (3) Terdapat pengaruh yang positif antara profesionalitas guru dan manajemen kelas secara bersama-sama terhadap peningkatan mutu pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh guru MI se-Kab. Rejang Lebong yang berjumlah 160 orang, namun diambil sampelnya 25 % sebanyak 40 orang. Instrumen pengumpul data digunakan yaitu kuesioner. Data terkumpul dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik pengaruh profesionalitas guru 26,8 % terhadap mutu pembelajaran dan manajemen kelas (45,6%) terhadap mutu pembelajaran.Dan dapat pula diartikan 72,4 % peningkatan mutu pembelajaran ditentukan oleh profesionalitas guru dan manajemen kelas.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni Sihombing, Sukarsih Sukarsih, Gafar Alamsya, Jumirah Warlizasusi (Author)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.