PERAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENERIMAAN DIRI ORANG TUA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Sariwati Arum Universitas Cendekia Mitra Indonesia, Yogyakarta Author
  • Gustaf Roy Tupen ama Universitas Cendekia Mitra Indonesia, Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.59613/f5evs482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kecerdasan emosi terhadap tingkat penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi dan sampel yang melibatkan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson untuk mengukur kekuatan dan arah hubungan linier antara dua variabel kuantitatif. Hasil uji hipotesis, korelasi penerimaan diri dengan kecerdasan emosi pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus diperoleh nilai korelasi product moment sebesar 0,718 (p<0,01). Hal ini berarti hipotesis diterima. Sumbangan efektif kecerdasan emosi dengan penerimaan diri pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus sebesar 52,2%, sedangkan 47,8% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya kecerdasan emosi dalam membentuk hubungan yang positif antara orang tua dan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan program pendampingan dan dukungan bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Published

2024-06-22