PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN ANALISIS SISWA

Authors

  • Gusti Firmansah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Author
  • Raharjo Raharjo Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Author
  • Fauzi Abdillah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Author

Abstract

Permasalahan tingkat keterampilan analisis siswa terjadi pada kelas VIII SMPN 100 Jakarta
khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila masih tergolong rendah, itu terbukti dengan
masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah standar KKM ketika ujian. Hal tersebut
dapat terjadi disebabkan pendidik yang belum memanfaatkan teknologi dan kurang tepatnya dalam
memilih model pembelajaran sehingga berdampak terhadap menurunya keterampilan analisis siswa.
Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan media pembelajaran LKPD Interaktif berbasis joyful
learning, yakni pengintegrasian media dengan teknologi yang didukung dengan proses pembelajaran
yang menyenangkan agar siswa lebih aktif dan membantu meningkatkan keterampilan analisis.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran LKPD Interaktif
terhadap keterampilan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN
100 Jakarta tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen,
dengan teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini melalui teknik nonprobability sampling dengan
jenis purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini sebanyak 62 siswa yang
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan VIII-D sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes yang akan menggunakan pre-test dan post-test
control group. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan uji
Independent Sample T-Test dan nilai alpha sebesar 0,05. Nilai signifikan yang didapat sebesar 0,049
yang artinya bernilai lebih kecil dari 0,05 (<0,05). Selain itu, berdasarkan perhitungan effect size
dengan rumus Cohen’s memperoleh besaran pengaruh sebesar 0,51 yang tergolong dalam kategori
sedang (medium). Sehingga, kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh dari media
pembelajaran LKPD Interaktif berbasis joyful learning terhadap keterampilan analisis siswa.

Downloads

Published

2024-01-24