PROFIL TINGKAT PERENCANAAN KARIR SISWA SMA SURABAYA BERDASARKAN TEORI HOLLAND
Abstract
Perencanaan karier adalah suatu proses seumur hidup yang mencakup persiapan diri, memilih pekerjaan, mendapatkan pekerjaan yang terus dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perencanaan karir siswa SMA di Surabaya. Metode penelitian yakni kuantitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian sejumlah 25 siswa yang diperoleh dengan random sampling. Instrumen penelitian mempergunakan angket karir dari teori Holland J Angket karir telah diuji validitas dan reliabilitas dengan hasil nilai validitas 0,532 dan reliabilitas 0,946. Teknik analisis data mempergunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 7 siswa 28% berada pada kategori rendah, sebanyak 18 siswa 72% berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tingkat perencanaan siswa sma berada pada sangat rendah. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat perencanaan siswa SMA sangat rendah dan terbukti dengan lebih banyak siswa SMA yang bingung dalam perencanaan karirnya sehingga untuk kedepannya diperlukan penangan bagi siswa yang mengalami kebingungan dalam perencanaan karier
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Danang joyo sugiri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.